Wednesday, September 12, 2007

Rabu, one day before puasa

Hari ini rabu, besok puasa mulai. Gua sih gak ikut2an puasa, anyway orang2 kantor bakalan pulang jam 4, jadi jalanan pasti selama sebulan bakal macet udah dari jam 4an.. Tapi selama bulan puasa apakah perilaku orang di jalan akan berubah? Tetep ngotot, gak mau kalah, marah2? Mungkin sama aja. Kalo emang bisa berubah jadi lebih bagus, kenapa gak dibikin puasa aja 1 tahun penuh yah... ?

Bbrp hari lalu liat di TV ada liputan salah satu ormas yang berlindung dibalik salah satu agama, berdemo/pawai di jalan dengan ajakan menghormati bulan puasa. Tapi terkenal juga itu ormas yang paling gak menghormati agama lain. Suka bikin onar, bikin kacau, dsb. Terus, maksudnya apa yah? "Yang penting orang menghormati ajaran agama gua, gak penting bagi gua untuk menghormati ajaran agama lain" begitukah maksudnya? Sok bikin razia ke tempat hiburan malam (kecuali yang bayar upeti), menghancurkan botol2 bir dan membawa pulang whisky, vodka, dll (pernah dikemukakan Gus Dur sekali waktu ketika masih jadi presiden)

Setiap agama berbeda, nilai, sejarah, dan ajaran. Kenapa mesti dipertentangkan? Kenapa mesti dibanding2kan?

Yah emang kalo soal agama, gua skeptical. Boro2 agama orang, agama sendiri aja gua udah gak percaya.

No comments: