Sunday, November 05, 2006

Il Minciarelli

Semalem ada acara di hotel Mulia yang ngadain Uff. Militare di Kedutaan. Jam 7 lewat gua nyampe and langsung shock begitu selesai salaman say hi ama si komandan... Pasti muka gua jg bengong bego gitu deh. Di depan gua ada Professor Minciarelli ama istrinya, Prof.ssa Moretti lagi berbincang2 ama duta... Gua cuma bisa bilang sambil shock, "non ci credo, non ci credo...."

Terus duta memperkenalkan gua and well, gua terus terang gak tau and gak ngikutin dia ngomong apa lagi soalnya gua blank... Mungkin duta mikir, "sial gua dicuekin", tapi emang bener2 gua shocked..........

Anyway si Prof ini dulu dosen gua selama 6 bulan waktu level 5 di perugia. Sekarang sih udah pensiun sejak tahun lalu..
Berkesan banget ini si professor karena emang asli jago banget ngajarnya. Pendekatan dia ke murid-muridnya juga asik, gak terlalu serius, santai tapi apa yang mau dia sampaikan bener-bener sampai ke murid-muridnya.
Yang paling top dari dia itu adalah cara dia bacain teks cerita. Kan dia sering ambil teks dari novel mana gitu sesukanya dia, terus ambil paling 3 paragraf buat dianalisa. Sebelum kita mulai analisanya, pasti dia bacain dulu dan di saat dia baca itulah, setiap kali, kita seperti tersihir oleh gaya berceritanya dia dan masuk ke dalam secuplik teks yang dia baca itu....
Sepertinya kita, murid-muridnya selalu menunggu-nunggu saat dia baca cerita....

Lovely...

Sebaliknya dengan istrinya, Prof.ssa Moretti yang ngajar Letteratura.. huhuhuhuh susah.
Mungkin cara pembawaannya kali yah..? Gua tau dia bawain bahan dengan penuh entusiasme, semangat dan kecintaan terhadap materi, tapi emang gua yang ndablek terhadap letteratura.. gak berminat.

The weakness of Indonesian education system?
Mungkin.....

No comments: